Hemat Energi Saat Menyetrika

http://lapakbanget.blogspot.com/2015/01/hemat-energi-saat-menyetrika.html
Meski ukurannya tak terlalu besar, namun ternyata alat elektronik yang satu ini bisa boros energi juga lho! Dibandingkan alat elektronik lainnya yang ada di rumah, setrika termasuk yang menyedot daya tinggi.

Bagaimana cara merawat dan menggunakan setrika agar tidak lagi boros listrik?

1. Sama seperti memilih produk eletronik lainnya, penting untuk melihat reputasi produsen setrika tersebut serta lamanya garansi yang diberikan.

2. Pilih setrika dengan pengontrol suhu otomatis. Fitur ini dapat menghemat energi yang akan dikeluarkan setrika.

3. Bersihkan secara berkala bagian plat atau bawah setrika. Bagian bawah setrika yang berwarna coklat akan menghambat penyaluran panas. Kotoran yang ada juga akan membuat Anda lebih lama lagi menunggu setrika untuk panas. Alhasil akan ada energi yang terbuang sia-sia.

4. Hindari pasang cabut listrik. Lebih baik menyetrika dalam jumlah banyak sekaligus ketimbang satu persatu. Hal ini dikarenakan butuh waktu yang tak sebentar untuk mencapai panas tertentu pada setrika dan itu membutuhkan daya listrik yang tak sedikit.

5. Sesuaikan jenis bahan kain dengan suhu setrika lewat alat pengatur tingkat panas. Dengan suhu yang tepat, pakaian Anda akan tetap awet dan energi pun bisa dihemat.

Merk setrika ternama memang banyak dengan kecanggihan masing-masing. Namun jika Anda tidak pandai menghemat energi saat sedang melicinkan pakaian,  yang ada Anda akan boros listrik.

Komentar

Postingan Populer